INTERNET TIDAK SEHAT, SEHARUSNYA KITA CEPAT BEROBAT


Sudah 1 minggu ini saya bingung 7 keliling ( haji kali keliling…) pasalnya saya berniat banget ikutan FESTIVAL BLOGDETIK dengan menulis artikel dengan tema “ Internet Sehat Bikin Hebat”. Wuih…bagi saya sangat membingungkan untuk membuat artikel itu. Bukan karena tidak ada inspirasinya, tapi malah karena kebanyakan inspirasi dan sudah jadi hal umum bahwa semua Internet memang pada SAKIT alias TIDAK SEHAT LAGI. Maka dari itu, hampir saya putus asa dengan kepusingan saya sendiri. Tiba-tiba salah seorang teman kantor saya ( sebut saja Rika ) memberi saran tanpa diminta saat saya masih riweh otak-atik blog baru saya.
“ Payah lo Dhe, ngenet kok bikin sumpek orang yang lihat aja”
“Maksud lo??” saya benar-benar tidak paham dengan apa yang dia maksud.
“ Kaya gue donk..kalo ngenet itu buka yang fresh..kan namanya juga refreshing dari kerja’an. Ya gak Ben?” Timpal dia dilanjutkan dengan meminta saran dari teman saya yang bernama Ruben.
“ Yo’i lah…Wajib itu. Biar otak kita ga mumet kalo cuma lihat blog-blog ga jelas kaya kerjaan lo itu Dhe..”
Penasaran dengan apa yang sedang mereka browse, akhirnya mata saya sedikit melirik kearah 2 komputer milik teman sekantor saya itu. Saat saya melihat apa yang dimaksud dengan refreshing itu, sontak saya langsung nyeletuk.
“ Wah sakit lo pada. Berobat sono sebelum lo kecanduan. Lo juga Rika, lo kan cewek?”
“ So what? “ balas dia santai
“ Masa demen juga yang begituan?”
          Bisa di prediksikan bukan apa yang sedang mereka jelajahi di internet? Mungkin seharusnya sikap saya harus wajar saja saat tahu mereka sudah tidak sehat dalam ber-internet. Karena memang semua internet sudah tidak sehat. Bahkan kata mereka hanya saya saja yang kuno “ Hare genee masih suka nge-blog??? Hellooo??” begitu kata mereka saking katro-nya saya mungkin.
          Di tahun 2010 yang memang dunia maya sudah bukan hal yang sulit didapat ini, saya mungkin termasuk orang yang tidak mau ikutan sakit seperti mereka. Awalnya saya kira hanya para lelaki saja yang akan mengidap penyakit kecanduan internet tidak sehat itu. Tapi lama-lama saya tahu, jenis Hawa pun menyukainya. Entah apa yang akan dicarinya.
Bahkan reset membuktikan “Candu terhadap Internet lebih parah daripada candu terhadap Narkoba” nah lo…kalo begitu bukannya lebih baik kita bernarkoba saja? ( eitz bukan itu yang disarankan, karena dua-duanya juga tidak baik)
          Mereka yang sudah kecanduan internet tidak sehat itu, harusnya cepat-cepat berobat. Karena mungkin pengobatannya akan sangat sulit jika semua sudah menjadi akut. Bayangkan saja ( sudah pernah dengar belum ?) seorang anak pelajar SMP tega membunuh ibu kandungnya sendiri lantaran dilarang bermain intenet ( parah gak tuh?). Padahal kita tahu, niat Ibu pasti selalu baik. Dan karena ketidak sengajaannya itu ( kata dia sih ga sengaja ) dia dijatuhi hukuman 10 tahun penjara. Wow,,,efek negative yang memang membuat anak adam yang menikmatinya menjadi hilang kesadaran dirinya.
          Salah seorang teman saya yang membuka usaha warnet pernah sedikit CURCOL ( Curhat Colongan ) pada saya ketika saya bertanya.
          “Wah, warnet lo aman donk. Kan disini yang maen pada anak kecil semua. Palingan pada maen game”         
          Tapi jawaban yang saya dapat ternyata tak se-positif pikiran saya.
          “Apaan…lo kira anak kecil juga pada ga ngundang virus apa. Orang tuh bocah dah pinter browsing yang ga bener. Kalo gue block, gada ada pelanggan lagi gue”
          Mmm..dari situ saya beranggapan bahwa dia biarkan anak kecil itu menjadi sakit karena takut tidak punya pelanggan di WARung InterNET-nya itu. Mungkin dia terpaksa, tapi tetap saja itu namanya tidak sehat dalam ber-internet ria. Bahkan yang punya warnet pun juga ikut sakit kalau begitu.
          Mari kita sejenak mengingat, berapa banyak segi negative yang kita dapat jika kita membuka situs-situs yang tidak sehat. Selain kita yang menjadi sakit, terkadang PC yang kita gunakan untuk browsing itupun juga bisa sakit. Sudah hal yang biasa bahwa banyak virus yang terkandung dalam situs HEBAT ( HEboh AmaT) itu. Menurut saya, mempunyai OMES ( Otak MESum ) malah membuat kita tidak benar di dunia nyata, hanya karena bawaan internet yang tidak sehat itu tadi.
          Dan coba kita rasakan, bagaimana jika kita ber-internet sehat. Apa saja yang kita dapatkan? Pasti banyak kan? Ilmu : dapet. Temen banyak : dapet. Kadang jodoh juga bisa  dapet.  Solusi dari masalah yang kita hadapi pun juga dapet. Dan masih banyak lagi segi positif dari internet yang bisa kita dapat. Magic bukan? Apa susahnya belajar berolahraga dengan internet sehat.
          Nah bagi kamu yang masih baru dan belum pernah menjelajah black-net itu. Jang pernah coba-coba. Sudah banyak korban yang termakan dan susah untuk tidak kembali kepada penyakit internet itu.
         That’s way…ayo kawan, yakinkan dirimu bahwa INTERNET SEHAT selalu MEMBUAT KITA HEBAT!
         

1 komentar:

ayahnya arcello mengatakan...

posting'an yg menarik...
internet sehat bakal membuat kita semakin hebat

salam kenal

http://ayahkuhebat.wordpress.com

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.